Rayakan Idul Fitri 2024, PLN Pastikan Pasokan Listrik di Banten Andal

Rayakan Idul Fitri 2024, PLN Pastikan Pasokan Listrik di Banten Andal

Tangerang  – PT PLN (Persero) UID Banten siap memberikan pelayanan prima untuk masyarakat yang merayakan Idul Fitri 1445 _Hijriyah_. Bertepatan juga pada momen mudik tahun ini, PLN memastikan seluruh pasokan listrik andal agar masyarakat bisa menikmati lebaran dengan nyaman.

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis meminta seluruh jajarannya agar _all-out_ mengawal keandalan pasokan listrik menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Untuk mendukung hal tersebut, PLN menyiapkan 60 posko siaga kelistrikan Hari Raya Idul Fitri dengan total 1.368 personil.

“Beberapa peralatan pendukung juga kami siapkan, yakni 5 unit mobil _crane_, 6 unit _Uninterrutible Power Supply_ (UPS), 34 Unit Gardu Bergerak (UGB), 6 Unit Trafo Bergerak (UTB), 26 unit genset, 4 unit mobil deteksi, serta 31 lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU),” jelas Abdul Mukhlis.

Disisi lain sampai dengan 10 April 2024 jumlah SPKLU di PLN UID Banten terus bertambah sehingga total saat ini berjumlah 31 titik lokasi dan 1 unit SPKLU _mobile_. Khususnya di jalur mudik tol Jakarta menuju Pelabuhan Merak terdapat SPKLU di _rest area_ KM 13.5A, KM 43, KM 68A, dan di Pelabuhan Merak. Sementara dari arah sebaliknya terdapat SPKLU di _rest area_ KM 45 dan 68B.

Abdul Mukhlis menambahkan PLN akan terus berkomitmen untuk menyiapkan ekosistem yang mumpuni bagi pengguna kendaraan listrik di Indonesia.

“Kami memastikan infrastruktur pendukung kendaraan listrik tersedia di jalur mudik sehingga memudahkan pengguna mobil listrik yang mudik untuk melakukan pengisian daya,” ungkap Abdul Mukhlis

Selama masa siaga Idul Fitri 1445 H terdapat beberapa lokasi siaga prioritas diantaranya adalah rumah ibadah (masjid), bandara, pelabuhan, pusat-pusat keramaian, pusat perbelanjaan, hingga kantor pemerintahan.

“Kami juga menyediakan posko mudik di beberapa titik lokasi SPKLU sehingga masyarakat bisa beristirahat sembari menunggu daya mobil listriknya terisi penuh. Selain itu kami aktif menjalin komunikasi dengan _stakeholder_ terkait agar pelayanan kepada masyarakat semakin memuaskan. Intinya pada saat Hari Raya Idul Fitri tahun ini, petugas PLN dalam kondisi _stand-by_,” ujar Abdul Mukhlis.

Ditambahkan Abdul Mukhlis, keseluruhan daya mampu pasokan listrik PLN UID Banten sebesar 6.585 MW (_megawatt_) dan beban puncak sebesar 4.516 MW, sehingga kapasitas cadangan daya listrik sebesar 2.069 MW atau setara 35%.

Abdul Mukhlis juga mengimbau pelanggan untuk proaktif melaporkan permasalahan kelistrikan di rumah atau lingkungan tempat tinggal melalui aplikasi PLN Mobile.

“Termasuk juga jika terjadi kendala pada mobil listrik pemudik saat menuju kampung halaman ataupun nanti sebaliknya. Tersedia _hotline_ layanan SPKLU 24 jam, melalui _call center_ PLN 123 atau Whatsapp 087 77 1112 123. Petugas akan sigap memberikan bantuan,” tutup Abdul Mukhlis.